Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Ashwagandha, Tanaman Herbal dari India

Ashwagandha (Withania somnifera) dikenal juga bernama ginseng India. Tanaman ini mempunyai wujud yang kecil dan bunga warna kuning. Akar dan daunnya ialah sisi yang kerap kali diekstrak jadi beberapa obat.

Ashwagandha dijumpai memiliki sifat adaptogen, yakni zat alami yang menolong badan menyesuaikan pada hormon depresi. Karena gizi didalamnya ini, tanaman ashwagandha sering dipakai untuk menolong menangani beragam keadaan kesehatan, terutamanya kesehatan psikis.

Deretan  Kegunaan Ashwagandha

Ashwagandha umumnya diketemukan berbentuk suplemen paket, hingga lebih ringkas untuk dimakan. Konsentrat tanaman ini bisa juga dijumpai berbentuk bubuk yang dapat digabungkan ke makanan, seperti yoghurt atau oatmeal.

Nach, berikut ialah beragam faedah tanaman ashwagandha yang penting kamu kenali:

1. Menurunkan depresi dan kuatir

Faedah ashwagandha dalam menurunkan depresi dan kuatir sudah disokong oleh beberapa riset. Tanaman ini dijumpai bisa turunkan kandungan hormon kortisol yang dibuat badan saat depresi dan menggairahkan otak untuk melepas semakin banyak hormon serotonin yang menolong timbulnya hati berbahagia.

2. Kurangi tanda-tanda masalah psikis

Selainnya menurunkan depresi dan kuatir, ashwagandha dijumpai dapat kurangi tanda-tanda masalah psikis. Riset mengatakan, tanaman herbal dari India ini mempunyai dampak serupa dengan antidepresan hingga dapat menolong mengatur tanda-tanda stres, masalah kekhawatiran, skizofrenia, dan masalah bipolar.

Walau bagaimanapun, pemakaian ashwaganda tidak dapat gantikan therapy dan penyembuhan yang lain diberi oleh dokter, ya.

3. Tingkatkan peranan otak

Senyawa pada ashwagandha mempunyai karakter anti-oksidan. Dampaknya untuk tingkatkan kerja dan peranan otak dalam mengolah info, ingat, dan tentukan keputusan. Faedah ini baik sekali untuk orang dengan masalah kognitif, seperti Alzheimer, penyakit Parkinson, penyakit Huntington, atau disleksia.

Disamping itu, dalam riset lain disebut, teratur konsumsi ashwagandha dapat menolong tingkatkan peranan kognitif ke orang dengan masalah bipolar dan skizofrenia.

4. Tingkatkan kualitas tidur

Ashwagandha bisa menolong tingkatkan kualitas tidur, khususnya untuk pasien insomnia atau pasien permasalahan tidur yang lain yang terkait dengan depresi dan kekhawatiran.

Masalahnya konsumsi tanaman herbal ini dijumpai bisa memberi dampak tenang, hingga dipercaya dapat membuat tidur dapat semakin lama dan pulas.

5. Tingkatkan kesuburan pria

Ashwagandha dipercaya menjadi jalan keluar untuk pria yang mempunyai permasalahan pada kesuburan. Senyawa aktif dalam tanaman ini dipercayai bisa tingkatkan kualitas sperma, terhitung jumlah, gerakan, dan memiliki bentuk. Disamping itu, ashwagandha berperanan dalam kenaikan kandungan hormon testosteron pada tubuh pria.

6. Turunkan kandungan gula darah

Senyawa aktif yang disebutkan withaferin A dalam ashwagandha dipercaya bisa menolong beberapa sel badan untuk mengolah glukosa secara baik. Karena faedahnya ini, ashwagandha menjadi opsi penyembuhan alami untuk pasien diabetes.

Selainnya faedah yang sudah disebut sebelumnya, ashwagandha dipercaya bisa menolong turunkan tekanan darah, tingkatkan energi, perkuat mekanisme ketahanan tubuh, dan membunuh beberapa sel kanker.

Walau begitu, kamu perlu tetap waspada saat konsumsi atau minum obat herbal ini. Konsumsi ashwagandha dengan jumlah yang terlalu berlebih bisa memacu masalah pencernaan, seperti mual, muntah, sakit di perut, sampai diare. Beberapa kasus memberikan laporan ada masalah hati sesudah kelebihan minum obat ini.

Suplemen dan tanaman herbal ashwagandha pun tidak bisa dimakan bertepatan dengan obat antihiperglikemik, obat penenang, obat imunosupresan, dan obat tekanan darah tinggi.

Maka dari itu, jika kamu ingin memakai ashwagandha sebagai penyembuhan, terutama bila kamu sedang hamil, menyusui, atau mempunyai penyakit autoimun, seharusnya tanyakan sama dokter lebih dulu untuk pastikan keamanannya.

rosid_nuhu
rosid_nuhu Penulis Blog & Content Creator

Posting Komentar untuk " Kegunaan Ashwagandha, Tanaman Herbal dari India"